Kamis, 14 Maret 2013

Inilah Kontestan Perempat-Final Liga Champions 2012/13

Kelolosan Bayern Munich dan Malaga melengkapi delapan spot di babak perempat-final Liga Champions.

The Bavarians dipecundangi Arsenal 2-0 pada leg II fase 16 besar, Rabu (13/3) malam di Allianz Arena, namun tetap melaju berkat keunggulan gol tandang setelah memenangi partai pertama 3-1. Dengan terdepaknya Gunners, berarti untuk pertama kalinya setelah 17 tahun Inggris sama sekali tak punya wakil di putaran delapan besar UCL.

Sementara itu, Malaga melanjutkan kiprah mengagumkan di pentas Eropa dengan menyingkirkan FC Porto. Takluk 1-0 di Estadio do Dragao, skuat Manuel Pellegrini sukses membekap raksasa Portugal itu dua gol tanpa balas di La Rosaleda. Kelolosan Los Boquerones memastikan La Liga Spanyol mempunyai representatif terbanyak, tiga klub, di perempat-final.

Bayern serta Malaga menyusul jejak Barcelona dan Galatasaray sehari sebelumnya. El Barca bermain impresif di Camp Nou untuk menggebuk AC Milan empat gol tanpa balas sekaligus memutar ketertinggalan agregat 2-0, sedangkan Sari Kirmizililar (Si Kuning-Merah, julukan Gala), membungkam Schalke 3-2 di Veltins Arena dan lolos dengan keunggulan agregat 4-3.

Minggu lalu, empat tim juga telah menyabet tiket perempat-final usai melewati hadangan lawan masing-masing. Real Madrid, yang sempat ketinggalan lebih dulu di Old Trafford, memaksimalkan kartu merah Nani untuk berbalik menang 2-1 (agregat 3-2) atas Manchester United. Borussia Dortmund menghantam Shakhtar Donetsk 3-0 di Signal Iduna Park dan melaju dengan total skor 5-2. Di Turin, Juventus kembali menunjukkan keperkasaan atas Celtic dengan membukukan kemenangan 2-0, setelah sebelumnya mempermalukan The Bhoys tiga gol tanpa balas di Celtic Park, dan hasil imbang 1-1 tatkala menjamu Valencia sudah cukup untuk meloloskan Paris Saint-Germain (agregat 3-2).


PEREMPAT-FINALIS LIGA CHAMPIONS 2012/13
Borussia Dortmund Real Madrid Juventus PSG
Borussia Dortmund Real Madrid Juventus Paris Saint-Germain
(Jerman) (Spanyol) (Italia) (Prancis)
Barcelona Galatasaray Bayern Munich Malaga
Barcelona Galatasaray Bayern München  Málaga
(Spanyol) (Turki) (Jerman)  (Spanyol)
Mengingat tak ada lagi sistem unggulan dan restriksi pertemuan antarklub dari satu negara atau dari satu grup sejak perempat-final, seluruh tim di atas boleh jadi bakal bersua rival domestik atau lawan yang pernah mereka hadapi di fase penyisihan.

Contohnya, Dortmund mungkin terundi dengan Bayern, atau bertanding lagi melawan Madrid. Malaga bisa saja berjumpa Barcelona atau Madrid, dan tentunya jangan lupakan pula potensi duel el clasico yang barangkali bakal mentas terlalu dini.

Drawing fase delapan besar sendiri bakal dilaksanakan pada Jumat (15/3) siang waktu setempat. Berbeda dengan musim-musim sebelumnya, undian kali ini hanya untuk perempat-final, sedangkan untuk partai semi-final akan digelar drawing lagi pada 12 April.

Adapun duel pertama perempat-final dijadwalkan pada 2 dan 3 April, dan second leg mentas pada 9 serta 10 April.

(dikutip dari goal.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar