Sabtu, 16 Maret 2013

Drama yang Terjadi di Kasus Irjen Djoko Susilo & Gayus Tambunan

Jakarta - Irjen Djoko Susilo dan Gayus Tambunan merupakan dua orang yang sama-sama dijerat kasus korupsi. Diketahui keduanya memiliki harta berlimpah. Tak hanya itu, kasus keduanya juga diwarnai drama-drama yang menarik perhatian publik seperti pemeriksaan Irjen Djoko yang disertai 'serbuan' polisi ke Gedung KPK dan 'liburan' Gayus ke Bali di masa tahanannya.

Jumlah harta yang disita penegak hukum dari keduanya membuat kasus dua abdi negara ini menarik untuk disimak. Hingga saat ini, harta Irjen Djoko yang disita KPK ditaksir bernilai Rp 100 miliar. Sedangkan harta Gayus yang telah disita polisi jumlahnya mencapai Rp 74 miliar. Wow!

Drama yang mengiringi proses hukum yang dijalani oleh keduanya tak kalah menarik dengan kilau harta yang dimiliki. Publik mengernyitkan dahi saat mengetahui Irjen Djoko memiliki seorang istri muda berstatus mantan putri Solo dan dua istri lainnya. Sedangkan di kasus Gayus, masyarakat geleng-geleng kepala saat mengetahui pegawai pajak itu asik menonton pertandingan tenis internasional di Bali pada masa tahanannya.

Berikut drama-drama menarik yang mengiringi kasus Irjen Djoko dan Gayus: 

1. 'Serbuan' Polda Bengkulu ke KPK & Suap Gayus untuk Polisi
Penetapan Irjen Djoko sebagai tersangka kasus dugaan korupsi simulator SIM pada Oktober 2012 diwarnai drama menegangkan. Beberapa jam setelah Djoko diperiksa, puluhan polisi mendatangi KPK. 'Serbuan' itu dengan alasan akan menangkap penyidik KPK, Kompol Novel Baswedan, karena kasus penembakan beberapa tahun silam.

Namun KPK tak membiarkan salah satu penyidik terbaiknya itu ditangkap. KPK melawan. Masyarakat juga memberi dukungan kepada KPK dengan datang ke kantor lembaga antikorupsi itu dan menghalangi upaya penangkapan. Polisi akhirnya tak berhasil mendapatkan incarannya, kasusnya juga tak pernah dibahas lagi hingga saat ini.

Sedangkan di kasus Gayus, polisi menjadi salah satu pihak yang disuap oleh mantan pegawai Ditjen Pajak itu. Ada 9 polisi yang disuap oleh Gayus, termasuk di antaranya kepala rutan Mako Brimob.

Penyuapan dilakukan agar Gayus bisa bebas keluar masuk penjara. Total uang suap yang digunakan disebut mencapai ratusan juta rupiah.

2. Puluhan Rumah Irjen Djoko & Rekening Gendut Gayus
Temuan harta Irjen Djoko terbilang mengejutkan. Total 33 aset yang disita KPK berupa 26 aset dalam bentuk tanah dan properti, 4 buah mobil, 3 SPBU dan 6 bus pariwisata. Selain itu, KPK juga memblokir sejumlah rekening Djoko. Nilainya diperkirakan di atas Rp 100 miliar.

Sedangkan harta Gayus yang disita polisi kebanyakan disimpan di tabungan. Ada sembilan rekening gendut yang disita, selain jutaan lembar saham, tanah dan pom bensin. Nilai harta Gayus yang disita negara mencapai Rp 74 miliar.

3. Status Perjaka Palsu Irjen Djoko & Paspor Aspal Gayus
Salah satu fakta baru yang membuat publik makin tertarik dengan kasus simulator SIM adalah terungkapnya beberapa sisi kehidupan pribadi tersangka Irjen Djoko Susilo. Salah satunya adalah soal pernikahan-pernikahan yang dijalani Irjen Djoko.

Irjen Djoko diketahui menikah dengan tiga wanita. Menariknya, dua pernikahan dari dua istri mudanya, Mahdiana pada 2001 dan Dipta Anindita pada 2008, Djoko mendaftarkan dirinya di KUA dengan status perjaka. Bisa dipastikan kalau status ini tak asli.

Sedangkan di kasus Gayus, kepalsuan yang dia buat adalah soal paspornya. Paspor atas nama Sony Laksono dengan foto pria mirip Gayus dikeluarkan pada 5 Januari 2010, alias beberapa bulan sebelum penangkapan alumni STAN itu.

Gayus menggunakan paspor atas nama Sonny Laksono untuk terbang ke Macau pada 24 September, kembali ke Jakarta 26 September dan terbang lagi ke Kuala Lumpur 30 September. Sementara, tanggal kembali ke Jakarta belum terlacak. Paspor Sony Laksono memakai foto Gayus mengenakan wig seperti yang terpergok di Bali awal November.

4. Istri Muda Irjen Djoko & Nonton Tenis ke Bali
Irjen Djoko menikahi beberapa wanita dengan status terdakwa. Salah satunya adalah seorang perempuan muda bernama Dipta Anindita. Nama Dipta mencuat saat KPK dicegah oleh KPK.

Dipta merupakan mantan Putri Solo 2008 yang diduga menjadi pihak yang digunakan Irjen Djoko untuk mengamankan hartanya. Hingga kini penyelidikan terhadap Dipta masih terus berlangsung. Selain Dipta, Irjen Djoko juga memiliki istri muda lain yang bernama Mahdiana. Salon milik Mahdiana di Pasar Minggu menjadi salah satu aset Irjen Djoko yang disita KPK.

Jika Irjen Djoko terungkap memiliki beberapa istri, maka Gayus Tambunan diketahui sering berjalan-jalan selama di masa tahanan.

Salah satu jalan-jalan Gayus yang paling sering dibicarakan adalah rekreasi mantan pegawai Dirjen Pajak itu ke Bali. Gayus tertangkap kamera sedang menonton turnamen tenis Commonwealth Bank Tournament of Champions di Nusa Dua, Bali pada Jumat 5 November 2010. Selain itu, Gayus sering disebut pulang ke rumahnya di Kelapa Gading pada malam hari selama dia ditahan di Mako Brimob.

(dikutip dari news.detik.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar